Ceria dalam Acara Samenan di SD Negeri 1 Babakan Pangandaran

Gopangandaran.com (Pangandaran (21/06). Akhir tahun pelajaran 2018-2019, sejumlah sekolah di Pangandaran melaksanakan event akbar kenaikan kelas dan pelepasan siswa dalam seminggu ini. Di SD Negeri 1 Babakan Pangandaran penyelenggaraan acara tersebut digelar pada Kamis, 20 Juni 2019.

Samenan adalah istilah yang populer di Pangandaran ketika sebuah lembaga pendidikan mengadakan Acara Kenaikan Kelas dan Pelepasan Siswa SD kelas VI atau SMP kelas IX. Acara tersebut dihadiri oleh seluruh siswa, guru, dan orang tua murid. Bahkan penduduk sekitar pun turut hadir untuk menonton penampilan siswa-siswi saat di panggung.

Seperti yang dilakukan oleh Ibu Mia, ia sengaja menuju ke samenan, padahal bukan termasuk orang tua murid. Kebetulan pada hari itu hampir semua tetangganya yang ibu-ibu turut hadir ke acara samenan yang diselenggarakan di SD Negeri 1 Babakan. Ia pun berangkat bersama ibu-ibu orang tua murid tersebut.

“Saya sangat senang dengan suasana seperti ini (Samenan), selain dapat bersilaturahmi dengan guru-guru saya dulu, juga saya ingin mengenalkan kepada anak saya yang masih kecil ini tentang suasana sekolah” tuturnya.

Suasana acara Kenaikan Kelas dan Pelepasan siswa kelas VI di SD Negeri 1 Babakan terlihat sangat meriah. Satu persatu putra-putri terbaik tampil di atas panggung. Ada yang menari tari tradisional, tari kontemporer, seni tradisional, dan masih banyak lagi bakat-bakat siswa lainnya yang tampil di atas panggung.

Pengumuman tentang rangking kelas dan kelulusan ini adalah saat-saat yang dinanti, baik oleh orang tua murid maupun oleh murid itu sendiri. Seperti yang diungkapkan oleh Yahdi, “Saya nggak sabar, sekarang saya rangking ke berapa,” ucap siswa kelas tiga tersebut. “Berapapun rangkingnya, asal saya naik kelas aja,” pungkas Yahdi yang selalu rangking pertama di kelasnya di tahun-tahun sebelumnya.

Selain pengumuman tentang rangking kelas dan kelulusan siswa, hal yang juga tak kalah penting adalah saat pembagian hadiah. Hadiah yang diberikan oleh guru-guru dibagi dalam beberapa kategori, biasanya hadiah juara kelas, juara menabung, paling rajin sekolah, paling gemar menjaga kebersihan, kerapian seragam, prestasi di perlombaan, nilai tertinggi Ujian Nasional, dan masih banyak lagi.

Begitu pun orang tua murid, untuk mengungkapkan rasa gembira mereka, karena prestasi sang anak, akan ada hadiah khusus untuk sang buah hati. Hadiahnya tidak begitu besar, namun berkesan seperti jalan-jalan dan makan bakso. Seperti yang diungkapkan oleh Bu Mis, “Alhamdulillah anak saya juara menabung dan rangking di kelas, saya kasih anak saya buat jajan bakso, supaya lebih giat belajar lagi,” katanya.

Suasana kegembiraan saat samenan di SD Negeri 1 Babakan bisa disaksikan di beberapa postingan sosial media. Disana terlihat suasana riang gembira, mulai dari guru, staf, murid, orang tua / wali murid, warga sekitar bahkan alumni SD tersebut.

Kontributor:QFS

Yuk bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Kami Sekarang

Any Question? Click link below to chat with our Travel Consultant.

Customer Service - Tour

Eka Aryanto

Online

Eka Aryanto

Hallo, Bisa Saya Bantu? 00.00