TIKET MASUK CAGAR ALAM PANGANDARAN TERBARU 2020

tiket masuk cagar alam pangandaran

TENTANG CAGAR ALAM PANGANDARAN

Cagar alam terletak di Desa Pangandaran, Kec. PangandaranKab. PangandaranJawa Barat. Cagar Alam Pananjung Pangandaran berdampingan dengan Taman Wisata Alam Pangandaran yang menjadi objek wisata di Jawa Barat.

TIKET MASUK CAGAR ALAM PANGANDARAN

Tiket Masuk Cagar Alam Pangandaran dengan suasana yang begitu tenang ini memiliki tarif yang sangat terjangkau. Berikut harga tiket masuk Cagar Alam Pangandaran terbaru 2020 :

TIKET MASUK WARGA NEGARA INDONESIA :

  • Hari Biasa 1 ( satu ) Orang Rp. 16.000,-
  • Akhir Pekan 1 ( satu ) Orang Rp. 21.000,-

TIKET MASUK WARGA NEGARA ASING :

  • Hari Biasa 1 ( satu ) Orang Rp. 210.000,-
  • Akhir Pekan 1 ( satu ) Orang Rp. 310.000

Info Tambahan Untuk Kebutuhan Laiinya :

  • Sewa Senter Rp. 10.000,-
  • Pemandu Rp. 350.000,-
  • Naik Perahu Rp. 25.000 s/d Rp. 50.000,-

SEJARAH CAGAR ALAM PANGANDARAN

Sejarah terbentuknya kawasan konservasi Pangandaran dimulai pada saat Residen Priangan (Y. Eycken) berkuasa tahun 1922, dengan dengan mengusulkan untuk menjadikan kawasan yang semula tempat perladangan menjadi taman buru, yang kemudian pada tahun 1934 dilaksanakan penunjukan kawasan Pananjung Pangandaran seluas 457 ha menjadi Suaka Margasatwa berdasarkan GB No. 19 Stbl. 669 yng dikeluarkan oleh Director Van Scomishe Zoken, tanggal 7 Desember 1934.

Pada tahun 1961, terjadi perubahan status dari Suaka Margasatwa menjadi Cagar Alam Pangandaran seluas 457 ha berdasarkan SK Menteri Pertanian No. 34/KMP/1961, tanggal 20 Apri 1961 setelah diketemukannya bunga Raflesia Padma.

Seiring dengan kebutuhan masyarakat akan rekreasi, maka sebagian kawasan seluas 37,70 Ha dijadikan Hutan Wisata dalam bentuk Taman Wisata Alam (TWA) sehingga luas cagar alam menjadi tinggal 419,3 ha berdasarkan SK Menteri Pertanian Nomor : 170/Kpts/Um/1978 tanggal 10 Maret 1978.

Dengan adanya terumbu karang dengan kondisi masih cukup baik yang berada di perairan pantai Cagar Alam Pananjung Pangandaran, maka berdasarkan SK Menteri Kehutanan No. 225/Kpts-II/1990 tanggal 8 Maret 1990, perairan pantai tersebut seluas 470 ha ditunjuk sebagai Cagar Alam Laut Pananjung Pangandaran.

KEBERAGAMAN HAYATI DI CAGAR ALAM PANGANDARAN

Flora

Flora yang terdapat sekitar 80% merupakan vegetasi hutan sekunder tua dan sisanya adalah hutan primer. Pohon-pohon yang dominant antara lain Laban (Vitex pubescens), Kisegel (Dilenia excelsea), dan Marong (Cratoxylon formosum). Selain itu banyak juga terdapat jenis-jenis pohon seperti : Reungas (Buchanania arborencens), Kondang (Ficus variegata), teureup (Artocarpus elsatica) dan lain-lain. Dari formasi Baringtonia terdiri dari Nyamplung (Callophylum inophylum), Waru laut (Hibiscus tiliaceus), Ketapang (Terminalia cattapa), dan Butun (Baringtonia aistica). Di dataran rendahnya terdapat hutan tanaman yang merupakan tanaman exotica, yaitu yang terdiri dari tanaman jati (Tectona grandis), Mahoni (Swietenia mahagoni) dan Komis (Acacia auriculirformis).

Fauna

Fauna yang dapat di temukan adalah Kera (Macaca fascicularis), Lutung (Trachipytecus auratus), Landak (Hystrix bracyura), Trenggiling (Manis Javanica), Rusa (Cervus Timorensis) dan Kancil (Tragulus Javanicus). Sedangkan untuk jenis burung, di kawasan ini anda dapat menemui burung Tulumtumpuk (Magalaema javensis), burung Kangkareng (Anthracoceros convexus), Ayam Hutan (Gallus varius), Tando (Chynocephalus variegatus) dan juga Ular Sanca (Phyton molurus).

Biota Laut

Potensi biota laut di dalam kawasan Cagar Alam Laut Pangandaran di dominasi oleh jenis dari karang batu (Scleractinia) antara lain : Acropora sp., Fungia sp.Goniopora sp.Alveopora sp., dan beberapa ikan hias serta fauna karang seperti : Heniochus sp.Chactodon spPlectorhyncus sp.Apolemichtys sp.

Jika kamu ingin mengetahui info Pangandaran atau harga aktifitas wisata lainnya silahkan klik link di bawah ini :

Info Tiket Masuk Green Canyon Terbaru 2020

Info Tiket Masuk Pangandaran Terbaru 2020

Info Tiket Masuk Batu Karas Terbaru 2020

Aktifitas Wisata Pangandaran

Aktifitas Watersport

Penginapan Pangandaran

Sewa Mobil Pangandaran

Sewa Motor Pangandaran

Catering di Pangandaran

Paket Wisata Pangandaran Dari Bandung

Paket Wisata Pangandaran Dari JaBoDeTaBek

Yuk bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Kami Sekarang

Any Question? Click link below to chat with our Travel Consultant.

Customer Service - Tour

Eka Aryanto

Online

Eka Aryanto

Hallo, Bisa Saya Bantu? 00.00